Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa IAIN Diajak Atasi Persoalan Kemiskinan di Kotim Melalui KKN

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Juli 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan mahasiswa IAIN Palangka Raya diharapkan turut membantu Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) mengatasi masalah kemiskinan.

"Terutama melalui pemberdayaan keluarga kurang mampu di lokasi pelaksanaan KKN," kata Staf Ahli Bupati Kotim, Sutaman, Rabu (18/7/2018).

Adapun tema KKN Mahasiswa IAIN itu yakni "Kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan (Posdaya), dapat meningkatkan peran perguruan tinggi Islam dan masyarakat pedesaan dalam pembangunan guna terwujudnya keluarga sejahtera."

Sutaman menilai tema tersebut sangat tepat. Sebab, posdaya merupakan pemberdayaan dengan basis keluarga. Sehingga mereka bisa menjadi penghubung bagi keluarga dengan tingkat ekonomi memadai untuk berpartisipasi membantu keluarga kurang mampu.

"Upaya inilah yang didasari semangat gotong royong. Sehingga mahasiswa nantinya yang akan menjadi motivator, penggerak, dan fasilitator terhadap pemberdayaan keluarga yang dilaksanakan," kata Sutaman.

Dia menjelaskan, ada delapan fungsi posdaya yang harus digerakkan, yakni keagamaan, kebudayaan, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan hidup.

"Diharapkan mahasiswa yang melaksanakan KKN agar menjalankan tema tersebut dengan baik. Sehingga memberikan dampak yang baik pula dilingkungan masyarakat nantinya," kata Sutaman. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru