Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilik Keramba Harapkan Pemkab Katingan Bantu Stabilkan Harga Ikan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Agustus 2018 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah pemilik keramba di Kasongan berharap pemerintah daerah dapat membantu menstabilkan harga ikan di tingkat petani atau pembudidaya.

Pasalnya, harga ikan keramba jenis nila dan emas ditingkat pembudidaya di Kasongan saat ini dihargai Rp22 ribu per kilo oleh pengepul. Semenara itu harga di pasaran rata-rata mencapai Rp35 ribu per kilo gram.

Para pemilik keramba ikan di Kasongan sejauh ini hanya bergantung dengan harga yang dipatok pengepul.

"Harapan kami pemerintah bisa membantu para petani keramba ini soal harga ikan, sebab kalau pas lagi panen biasanya harga yang dipatok murah, tapi saat keramba kita belum panen harganya naik," tutur Celang, Ketua Kelompok Tani Keramba Kuluk Pata, Rabu (15/8/2018).

Celang berharap dinas pertanian yang membidangi masalah perikanan tanggap dengan kondisi ratusan petani keramba di Kasongan sekarang ini.

Misalnya, pemerintah bisa membuat peraturan terkait masalah harga ikan petani keramba ikan ini. Sehingga diharapkan petani keramba ikan ini tidak sampai merugi.

"Misalnya pemerintah membuat peraturan harga eceran tertinggi ikan keramba. Ini cuma harapan saja, dan mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru