Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UKS Diminta Bina Pola Hidup Bersih dan Sehat Siswa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Agustus 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten II Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah meminta agar usaha kesehatan sekolah (UKS) mampu membina pola hidup bersih dan sehat di kalangan siswa, terutama di sekolah masing-masing.

"UKS yang ada di setiap jenjang pendidikan sekolah di Kota Palangka Raya kita harapkan mampu membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat dan bersih melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah," kata Ikhwansyah saat membuka sosialisasi UKS, di ruang Peteng Karuhei (PK) II kantor wali kota Palangka Raya, Kamis (30/8/2018).

Peran UKS di setiap sekolah menurut Ikhwansyah harus mampu menjangkau hingga titik tersebut, bukan lagi seperti pola lama yang hanya memiliki ruang UKS lalu menyediakan obat-obatan dan mengurus siswa sakit.

"Peran UKS masa kini lebih daripada menyediakan obat-obatan untuk orang sakit di sekolah. Perannya saat ini justru adalah mencegah orang untuk sakit. Caranya bagaimana, ya dengan menjalankan fungsi dan perannya dengan tujuan akhir mengantarkan sekolah maupun peserta didik dalam hal peningkatan mutu pendidikan. Kalau sakit-sakitan terus mana bisa belajarnya fokus. Tapi kalau karena hidupnya bersih dan sehat lalu jarang sakit, maka mutu pendidikannya juga akan meningkat," terangnya.

Sosialisasi yang dilaksanakan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palangka Raya itu diikuti para guru-guru pembina UKS se-kota Palangka Raya, mulai dari tingkat PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA/SMK. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru