Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hutan Kota Murung Raya Terbengkalai

  • Oleh Trisno
  • 25 Oktober 2018 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Keberadaan Hutan Kota di Puruk Cahu ibu kota kabupaten Murung Raya kini kondisinya kian memprihatinkan, karena tidak terawat dan tengbengkalai.

Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) beberapa tahun lalu menang telah membangun sebuah pusat kegiatan kepramukaan Bumi Perkemahan yang kini beralih nama menjadi Hutan Kota yang berlokasi di jalan Negara Puruk Cahu – Muara Teweh.

Namun beberapa tahun terakhir fasilitas tersebut sudah hampir tidak pernah lagi dimanfaatkan. Bahkan kegiatan yang sifatnya lapangan atau kepramukaan malah lebih sering dilaksanakan di Alun alun Jorih Jerah Puruk Cahu.

Entah karena lokasinya yang terlalu jauh dan kurang strategis atau memang karena fasilitas yang tidak memadai, Hutan Kota  tersebut seolah diabaikan dan terkesan mubazir.

Padahal pemerintah setiap tahunnya terus melakukan pengembangan terhadap fasilitas Hutan Kota tersebut, dan saat ini akses jalan di Hutan Kota sudah dicor beton dan beberapa fasilitas penunjang lainnya telah dibangun.

Namun saat ini karena jarang difungsikan, kondisinya terkesan terbengkalai atau ditelantarkan. Tampak tidak ada perawatan sehingga rumput ilalang tumbuh tinggi di lokasi tersebut.

“Saya melihat Hutan Kota ini jarang difungsikan, dan tidak dirawat sehingga bisa dilihat sendiri kondisinya terlantar dan ditumbuhi rumput ilalang hingga menutupi plang nama Hutan Kota,” tutur Nedi, warga sekitar, kemarin.

Sebelumnya Bupati Mura Drs Perdie MA mengatakan, Hutan Kota dibangun untuk menunjang kegiatan kepramukaan dan juga aktivitas kepemudaan lainnya.

Karenanya ia mempersilakan seluruh pihak atau organisasi menggunakan Hutan Kota tersebut untuk kegiatan, baik itu olahraga, rekreasi, edukasi dan kegiatan out door lainnya.

 “Murung Raya sebagai jantung Kalimantan tentu punya berbagai ikon, baik dari sisi objek wisata dan juga berbagai fasilitas penunjang lainnya untuk kegiatan kemasyarakatan salah satunya Hutan Kota,” tutur Bupati.

Berita Terbaru