Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawit Sumbermas Siap Melaju dengan Capex Rp788 Miliar

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 11 Februari 2019 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) semakin mantap berinvestasi dengan total capex yang akan digulirkan sebesar Rp788 miliar. 

Capex tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, peningkatan tersebut diyakini mampu mendukung kenaikan kapasitas volume produksi. Tahun sebelumnya, capex sekitar Rp660 miliar.

Ketika dua pabrik CPO dan dua pabrik biogas baru nanti beroperasi, maka SSMS akan memiliki total delapan pabrik. Untuk itu, mereka optimistis menetapkan target produksi CPO menjadi 560 ton per jam atau sebanyak 3 juta ton per tahun, dari sebelumnya hanya 2,64 juta ton per tahun.

Dari dua pabrik CPO, satunya sudah bisa digunakan awal Februari ini, satunya lagi di kuarter kedua. Untuk pabrik biogas, satu sudah berjalan atau digunakan, satu lagi beroperasi di kuarter kedua.

Dengan target tersebut, SSMS yakin pertumbuhan produksi CPO meningkat sebesar 23%, apalagi nantinya areal perkebunan inti dan plasma seluas 3.500 hektar bertambah, serta usia pohon-pohon kelapa sawit yang telah matang. 

Sedangkan analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Andy Wibowo Gunawan, mengatakan saham sektor CPO minim katalis positif sehingga mendapat rekomendasi netral. Kendati volume produksi dan penjualan emiten diperkirakan meningkat pada 2019, harga komoditas cenderung tertekan.

"Permintaan memang masih banyak, terutama untuk minyak goreng karena lebih murah dibandingkan minyak nabati lainnya. Tapi belum ada katalis baru," katanya dalam riset terbarunya.

Menurutnya, jika harga minyak Brent bisa menembus US$80 per barel, permintaan CPO untuk biodiesel bisa meningkat signifikan. Sentimen ini dapat menjadi katalis baru yang dapat mendongkrak harga CPO.

Saham perkebunan pilihan Mirae ialah SSMS dengan target harga Rp2.000 per saham. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru