Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemberdayaan Perempuan Bisa Dilakukan dari Sektor Perkebunan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 April 2019 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan bahwa pemberdayaan perempuan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan dari berbagai sektor, tetapi yang paling mudah ialah dari sektor perkebunan.

"PKK Kalteng memiliki kebun PKK karena kita pikir sektor yang paling mudah untuk dilakukan kaum perempuan yakni sektor perkebunan ini," kata Ivo kepada Borneonews, Jumat (26/4/2019).

Tidak harus memiliki kebun yang besar dan luas, lanjut Ivo, dari pekarangan masing-masing saja kaum perempuan bisa menghasilkan pemasukan.

"Tentu saja ada segi ekonomi dari tujuan kita mengaktifkan kembali kebun PKK yang ada di Kotawaringin Timur. Terutama dari kebun sayuran dan tanaman obat itu akan akan sisi ekonomi yang kita dapatkan," tuturnya.

Tidak hanya itu, di kebun PKK juga menurutnya ditanami buah-buah khas Kalteng yang kebanyakan saat ini sudah hampir punah.

"Kalau ada kebun agak besar kami ajak kaum perempuan untuk juga menanam buah-buah khas Kalten. Tapi kalau tidak luas pun, cukup menanam kebutuhan dapur seperti serai, kunyit, dan sebagainya tentu akan mengurangi pengeluaran terhadap bumbu dapur," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru