Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Keuangan APBD Barito Utara Harus Fokus Terhadap Kegiatan Berorientasi Produktif

  • Oleh Ramadani
  • 29 Oktober 2019 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Barito Utara mengharapkan agar pengelolaan keuangan daerah lebih fokus terhadap kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi.

Karena berdasarkan pedoman penyusunan APBD 2020 telah diatur dalam Permendagri No 3 Tahun 2019 pada bagian IV disebutkan anggaran 2020 antara kepala daerah dengan DPRD mempedomani RKPD, KUA dan PPAS untuk dapat persetujuan bersama sebagaimana dimaksid Pasal 3331 ayat 3 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Disebutkan APBD sebagai salah satu instrumen penting dalam menggerakkan perekonomian daerah maupun nasional, sehingga perlu penyelarasan dengan kebijakan pembangunan nasional.

Untuk itu Fraksi PKB meminta upaya strategis pemerintah daerah untuk meningkatkan potensi pendapatan melalui pengembangan pengelolaan aset dengan maksimal, sehingga pendapatan asli daerah bisa meningkat setiap tahun.

Dia mengatakan dalam kondisi keterbatasan kemampuan daerah diharapkan pula agar program kegiatan prioritas yang belum terakomodasi dalam RAPBD 2020 maka akan dikaji dan dibahas bersama saat rapat gabungan.

Ditambahkan dalam pemberian dana hibah dan bantuan harus berpedoma pada Permendagri Nomor 39 Tahun 2016 dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah harus disalurkan secara selektif dan akuntabel didasarkan kepada hasil evaluasi dan rekomendasi SKPD teknis yang menjadi bahan pertimbangan tim anggaran pemerintah daerah. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru