Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Terus Berupaya Sukseskan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Maret 2020 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas menggelar forum koordinasi lintas sektor untuk mendukung susksesnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin, 2 Maret 2020.

Forum tersebut dibuka Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Andres Nuah, bertempat di Aula Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas.

Dalam kesempatannya, Andres Nuah mengatakan forum ini merupakan upaya pemkab dalam mendukung dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas.

"Germas merupakan suatu upaya untuk menurunkan faktor risiko penyakit menular, terutama di wilayah Kapuas. Jadi di sini perlu kerjasama semua pihak mewujudkannya," ucap Andres Nuah saat membuka forum.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng, Tukas Umar selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menerangkan terdapat beberapa tujuan Program Germas.

"Ini untuk menurunkan beban penyakit menurat dan tidak menular, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit, serta menghindarkan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan," ucap Tukas.

Dia menambahkan tujuan khusus dari Germas ini untuk meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan perilaku sehat, dan peningkatan edukasi hidup sehat.

“Dalam penyusunan rencana kegiatan Germas di Kabupaten Kapuas, difokuskan pada kegiatan yang berkontribusi signifikan pada enam tujuan," tuturnya.

Adapun 6 tujuan itu, yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegaha dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan edukasi sehat. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru