Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tukang Ojek, Becak, hingga Sopir Angkutan Terharu Dapat Bantuan Negara yang Disalurkan Satlantas Polres Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Mei 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Muchammad Sunyoto, warga Jalan DI Pandjaitan yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang becak tergopoh-gopoh memasuki area Satlantas Polres Kotawaringin Timur, Selasa, 5 Mei 2020. Namun, raut wajahnya menunjukkan kegembiraan karena bakal mendapat uang tunai, bantuan dari Negara yang disalurkan melalui satlantas.

Bapak tiga anak ini terharu dengan bantuan sebesar Rp 600 ribu yang disalurkan setiap bulannya, selama tiga bulan itu. Penerimanya, pekerja yang terdampak covid-19, mulai dari tukang becak, tukang ojek, hingga sopir angkutan. Syaratnya, mereka harus mengikuti penyuluhan dan pembinaan seputar keselamatan berlalu lintas dan pencegahan covid-19.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi di tengah kondisi ini penumpang sepi. Untuk makan sehari-hari saja susah," tutur Sunyoto lirih.

Sunyoto merupakan 1 dari 275 orang penerima bantuan tahap pertama tersebut. Penerimanya melewati proses validasi dan verifikasi yang ketat.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kotawaringin Timur, AKP Johari Fitri Casdy mengatakan, bantuan ini ditujukan kepada warga berpengehasilan rendah yang profesinya terdampak pandemi Covid-19.

"Selama penyuluhan, materinya seputar keselamatan berlalu lintas dan pencegahan covid-19. Penyuluhan dilakukan setiap hari di kantor satlantas, dibagi menjadi beberapa sesi," kata Johari mewakili Kapolres Kotim, AKBP Mohammad Rommel. 

"Pelatihannya kita gelar setiap hari selama 3 bulan. Pelatihan juga menerapkan physical distancing, sehingga setiap harinya kita bagi menjadi dua sesi," kata Johari menambahkan.

Untuk penyaluran bantuan ini, Satlantas Polres Kotawaringin Timur bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia. Penerima bantuan bisa mencairkan dananya melalui buku tabungan dan kartu ATM. 

"Nantinya bantuan itu langsung disalurkan melalui rekening tabungan masing-masing. Semoga bantuan ini bermanfaat," kata Johari didampingi Pimpinan Cabang BRI Sampit, Agung. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru