Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendistribusian Sembako Murah di Nanga Bulik Langsung Diantar ke Rumah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Mei 2020 - 03:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Proses pendistribusian program sembako murah Pemkab Lamandau di kota Nanga Bulik, Kecamatan Bulik dilakukan dengan cara diantar langsung oleh petugas ke rumah masing-masing penerima. 

Teknis pendistribusian tersebut dipilih sebagai langkah antisipasi dalam menghindari adanya potensi kerumunan warga dalam jumlah banyak di tengah pandemi Covid-19 saat ini. 

"Agar tidak terjadi kerumunan warga, teknis pendistribusian sembako murah di Nanga Bulik kita permudah, masyarakat tidak harus datang ke toko yang telah ditunjuk, tapi petugas kitalah yang menyalurkan paket sembakonya kepada penerima secara door to door," kata Lurah Nanga Bulik Tania Pingkan, Selasa 5 April 2020.

Petugas dari kelurahan Nanga Bulik, kata Tania, bersama petugas RT masing-masing akan keliling mendatangi rumah masyarakat yang telah mendaftar sesuai alamat yang tertera saat pendaftaran.

Tak hanya mempermudah proses pendistribusian, pihak kelurahan juga mempermudah teknis pendaftaran. Tania mengatakan, bagi masyarakat Nanga Bulik yang ingin mendaftar dapat memilih dua jalur pendaftran, bisa mendaftar melalui RT-nya masing-masing atau bisa juga langsung daftar di kantor kelurahan.

"Jika misalnya ada masyarakat yang merasa lebih baik tidak lewat jalur RT, silahkan bisa langsung datang dan daftar di kelurahan, petugas kami selalu siap melayani. Sehingga tidak ada lagi istilah tidak tercover," katanya. 

Jumlah warga Kelurahan Nanga Bulik, Kecamatan Bulik yang telah memanfaatkan program sembako murah pemkab Lamandau hingga saat ini ternyata belum sampai saparuh dari jumlah kuota yang telah disiapkan. 

Berdasarkan data Kelurahan Nanga Bulik, hingga Senin 4 Mei 2020 jumlah masyarakat yang telah resmi mendaftar untuk program sembako murah tersebut baru 2.484 kepala keluarga (KK) dari kuota yang tersedia sebanyak 5.484 paket sembako. 

Program operasi pasar dalam bentuk pasar sembako murah merupakan program bantuan dari Pemkab Lamandau. Program ini diluncurkan sebagai dukungan sosial dan ekonomi bagi masyarakat terdampak Covid-19, serta dalam upaya menjaga stabilitas daya beli dan inflasi. 

Pemkab Lamandau menyiapkan 30.000 paket sembako murah dalam program tersebut. Paket tersebut berupa beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, mi instan satu dus dan ikan dalam kemasan kaleng (sarden) 465 gram. Setiap KK berhak mendapatkan satu kupon untuk membeli paket sembako tersebut yang harganya Rp 125.000. Harga tersebut menjadi sangat miring dibanding harga normal karena selebihnya disubsidi pemerintah daerah.
(HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru