Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Barito Selatan Bersama Dandim Cek Kesiapan Desa Tangguh

  • Oleh Uriutu
  • 21 Juni 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kapolres Barito Selatan, AKBP Devy Firmansyah bersama Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Tuwadi melakukan pengecekan Desa Mabuan yang dijadikan sebagai desa tangguh.

Kapolres mengatakan, Desa Mabuan ini dijadikan sebagai desa tangguh masuk salah satu kandidat yang dilombakan dalam Lewu Isen Mulang menjelang HUT Bhayangkara di tingkat Polda Kalteng.

Ada tiga kriteria, lanjut dia, yakni desa tahan Covid-19, desa tahan api atau Karhutla dan desa tahan pangan.
“Kita bersama dandim sengaja melakukan pengecekan kesiapan terakhir, sebelum kita serahkan penilian ke Polda Kalteng,” kata Devy Firmansyah.

Ia membeberkan, untuk ketahanan pangan di desa ini ada padi di sawah dan tempat penggilingannya. Kemudian rata-rata masyarakat mempunyai ternak ayam, ternak babi dan ada pemeliharan ikan nila dan patin dengan sistem spornet.

“Dengan adanya desa tangguh paling tidak masyarakat bisa bertahan dengan potensi yang sudah dimiliki,” ucap dia.

Kemudian lanjut dia, untuk tanaman sayuran cabe serta apotek hidup rata-rata di Desa Mabuan ini sudah ada karena di sini ada kelompok dasawisma.

Sementara untuk tahan api, ada Masyarakat Peduli Api (MPA). Mereka siap kapan pun apabila ada laporan terkait masalah kebakaran hutan dan lahan. Namun, dalam musibah itu, Desa Mabuan ini belum pernah tercatat ada titik api.

Selanjutnya, terkait desa tahan Covid-19, masuk ke desa ini hanya diberlakukan satu pintu melalui posko yang telah dibuat. Semuanya wajib melewati posko Covid-19 serta mematuhi protokol kesehatan.

Di Posko tersebut, sebelum masuk kedalam desa, juga wajib menggunakan masker, cuci tangan dan dicek suhu tubuh.
“Kita berharap Desa Mabuan ini bisa menginspirasi desa yang lain khsususnya agar bisa menjadi desa tahan api, tahan pangan dan tahan Covid-19,” ucap dia.

Kades Mabuan, Youstriyaseng, mengucapkan terima kasih kepada Polres Barito Selatan yang telah menunjuk langsung sebagai desa tangguh yang kemudian diikutsertakan pada lomba Lewu Isen Mulang di tingkat Polda Kalteng. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru