Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Perbaikan Ekosistem Untuk Kesinambungan Program Kesehatan Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Agustus 2020 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Muhammad Masrur Ridwan mengatakan bahwa saat ini terjadi kesenjangan antaran besaran iuran yang dibayarkan peserta dengan manfaat yang diterima.

"Sekarang ini terjadi kesenjangan antara iuran dengan manfaat yang komprehensif, sehingga untuk kesinambungan program perlu adanya perbaikan ekosistem program kesehatan," kata Masrur dalam kegiatan Press Gathering Implementasi Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 pada 2021 pada Rabu, 26 Agustus 2020.

Menurut Masrur, dengan adanya tuntutan masyarakat yang disetujui oleh Mahkamah Agung terkait tarif BPJS Kesehatan sehingga pemerintah perlu menata kembali ekosistem kesehatan nasional supaya program ini bisa terus berlanjut.

"Ada ekosistem dari program yang harus seimbang antara iuran penerima upah harus sama dan balance, iuran PBI, serta APBN secara keseluruhan berkelanjutan dengan program JKN," tuturnya.

Perbaikan ekosistem ini menurut Masrur dilakukan dengan cara penguatan JKN sebagai skema asuransi sosial yang bersifat wajib. Sementara manfaat yang dijamin adalah kebutuhan dasar kesehatan dengan kelas rawat inap yang standar sesuai UU Nomor 40 tahun 2004.

"Reviu iuran, manfaat, dan tarif layanan secara konsisten dan reguler perlu membentuk unit aktuaria pemerintah. Artinya, direviu dengan pendekatan aktuaria yang konsisten dan akuntabel. Reviu aktuaria wajib mempertimbangkan paling sedikit pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan, kemampuan membayar, inflasi kesehatan, dan potensi perbaikan program yang ada," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru