Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LPTQ Barito Timur Gelar Pelatihan Calon Dewan Hakim MTQ

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Desember 2020 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an atau LPTQ Kabupaten Barito Timur menggelar pelatihan calon dewan hakim dan juri Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) di aula Hotel Ade, Rabu, 16 Desember 2020.

Ketua Umum LPTQ Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, dalam laporannya mengatakan, pengembangan Tilawatil Quran Merupakan upaya strategi dalam upaya menumbuhkan kecintaan kepada Al-qur'an melalui LPTQ yang mempunyai peran penting terutama dalam peningkatan semangat umat islam untuk membaca, memperlajari dan mengamalkan isi kandungan Al-qur'an.

"Berdasarkan hal di atas LPTQ Kabupaten Barito Timur melalui seksi pembinaan dan perhakiman mengadaan program pelatihan dewan hakim se Kabupaten Barito Timur yang diikuti oleh 55 orang utusan dari seluruh kecamatan," kata Habib.

Pria yang juga menjawab Wakil Bupati Barito Timur ini berharap nantinya peserta pelatihan dapat menjadi calon-calon dewan hakim pada MTQ maupun STQ di tingkat kabupaten dan provinsi.

Dia menjelaskan, pelaksanaan pelatihan dewan hakim ini bukan hanya dilaksanakan sebatas jangka pendek menghadapi persiapan MTQ atau STQ saja, lebih dari itu pelatihan dewan hakim ini memiliki tujuan jangka panjang yakni memberikan pemahaman kepada semua dewan hakim yang aktif maupun kader-kader yang kelak akan menjadi dewan hakim.

"Melalui pelatihan dewan hakim ini juga kita berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dewan hakim ke tingkat yang lebih tinggi yaitu terbentuknya karakter dewan hakim yang profesional, berkualitas, jujur dan netral dalam memberikan penilaian," lanjut Habib.

Menurutnya, peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan dewan hakim juga memiliki tanggung jawab mendidik anak-anak dalam bidang tilawah, tajwid, fashahah dan qiro'at.

"Dengan demikian dari tangan-tangan merekalah akan muncul peserta-peserta terbaik yang bisa mewakili Kabupaten Barito Timur pada level yang lebih tinggi lagi yakni, MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah bahkan ke tingkat nasional," tandasnya.

Sementara itu, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Barito Timur sekaligus Sekretaris LPTQ, As'ari mengapresiasi digelarnya kegiatan pelatihan calon hakim MTQ dan STQ Kabupaten Barito Timur.

"Mudah-mudahan ini menjadi bekal bagi calon dewan hakim dan juri kita agar lebih profesional dan berkualitas dalam cara menuangkan penilaian terhadap peserta MTQ dan STQ tingkat kabupaten, bahkan kalau memungkinkan juga bisa di promosikan menjadi dewan hakim tingkat Provinsi Kalimantan Tengah," kata As'ari. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru