Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gali Potensi Desa untuk Pendapatan

  • Oleh Naco
  • 03 Januari 2021 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Khozaini mendorong agar setiap desa di Kotim memiliki produk unggulan di setiap desa. Salah satunya dengan mengelola potensi desa itu sendiri untuk bisa dikenalkan di daerah lain.

Pasalnya banyak potensi desa yang bisa dikembangkan dan digali, untuk mendatangkan pendapatan kas desa.

“Saya mengharapkan pemerintah kabupaten bisa membina desa-desa yang ada paling tidak dari 168 desa ini ada 20-30 desa binaan yang setidaknya bisa jadi unggulan kita," kata Khozaini, Minggu, 3 Januari 2021.

Salah satu contohnya ada desa yang sentra durian, rambutan dan buah bulan lainnya. Selain itu juga ada sentra penghasil rotan, penghasil kerajinan dan lain sebagainya.

”Nah hal semacam ini perlu ada terobosan. Ini tugasnya dari DPMD Kotim Bersama dengan masyarakat atau UMKM yang ada di desa-desa berpotensi tersebut," ucapnya.

Khozaini menyebutkan sejumlah desa di Kotim ini sebenarnya memiliki potensi yang sungguh luar biasa, namun oleh pemerintah itu belum terkelola dan dibina dengan baik.

"Sebenarnya desa-desa unggulan di Jawa itu hamper sama dengan desa kita ini, cuma mereka lebih dulu ada terobosan untuk membina dan mengelola sehingga menjadi sebuah unggulan yang pada akhirnya mendatangkan uang dan pendapatan bagi pemerintah desa dan warganya," tukasnya.

Khozaini berharap unggulan di desa itu bisa dikelola dengan baik apalagi saat ini setiap desa punya ruang anggaran yang besar. (NACO/B-6)

Berita Terbaru