Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Poktan Berkat Setia Desa Trinsing Tanam Cabai

  • Oleh Ramadani
  • 18 Januari 2021 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kelompok Tani (Poktan) Berkat Setia, Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara melakukan kegiatan tanam cabai bersama.

Kegiatan tanam cabai ini dihadiri dan dilakukan bersama dengan semua pihak yang ada di-jajaran Dinas Pertanian Barito Utara, unsur Tripika Teweh Selatan, Pemdes Trinsing, BPP Trahean, petugas pertanian, petani dan kelompok tani yang ada di Desa Trinsing.

Plt Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan kegiatan tanam cabai ini diharapkan dapat memotivasi semangat dan ketekunan para petani untuk bersungguh-sungguh menekuni kegiatan usaha taninya.

“Dari hasil peninjauan dan diskusi bersama dengan beberapa petani yang memiliki usaha tani cabai rawit, ternyata harga cabai saat ini sangat menjanjikan dan memberikan pendapatan yang cukup menguntungkan,” kata Syahmiludin, Senin 18 Januari 2021.

Dikatakan Syahmiludin untuk harga beli cabai rawit yang langsung di kebun petani berkisar antara Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu/kg. Sementara kalau dipasaran sudah mencapai Rp 120 ribu/kg.

“Dari hasil pembicaraan dengan pemilik tanaman cabai dijelaskan secara gamblang bahwa semua hasil panen selalu dibeli oleh penampung yang datang langsung ke kebun petani,” kata dia.

Lebih lanjut, Plt Kadis Pertanian menjelaskan bahwa teknik penanaman dan perawatan tanaman cabai rawit, sebetulnya relatif mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Lahan untuk tempat penanaman juga tidak harus luas apalagi sekedar skala rumah tangga.

“Lahan-lahan kosong yang ada di pekarangan rumah pun dapat dimanfaatkan bahkan bagi yang sama sekali tidak memiliki lahan, maka untuk kegiatan usaha tani cabai rawit dalam polybag/pot bagi juga bisa dilakukan,” ucapnya.

Kalau kita melihat fakta yang ada didaerah kita, masih cukup banyak lahan-lahan yang ada disekitar rumah dibiarkan kosong tidak produktif.

Mestinya, lahan-lahan tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal dan ditanami dengan tanaman-tanaman yang bisa mengurangi beban biaya pengeluaran rumah tangga. 

Berita Terbaru