Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Pencemaran Akibat Plastik Sudah Mencapai Taraf Mengkhawatirkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini mencemaskan tingkat pencemaran lingkungan akibat plastik yang sudah mencapai taraf mengkhawatirkan.

"Pemerintah perlu campur tangan agar membatasi produksi serta penggunaan plastik yang kemudian menjadi sampah. Karena pencemaran lingkungan akibat plastik ini sudah sangat mengkhawatirkan," kata Norhaini pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Sumber sampah plastik terbesar, kata Norhaini, adalah berasal dari aktivitas rumah tangga, maupun kegiatan sehari-hari yang menggunakan kantong belanjaan plastik, kemasan makanan dan minuman plastik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pencemaran lingkungan akibat plastik sulit teratasi.

"Masyarakat bisa meminimalisirnya dengan membatasi penggunaan kantong plastik pada saat berbelanja dengan membawa tempat khusus misalkan totebag kain atau yang lebih tradisional lagi yakni menggunakan bakul," saran Norhaini lagi.

Masyarakat menurut Norhaini, juga bisa membantu mengurangi pencemaran dengan mengolah kembali sampah bungkus kemasan sebagai produk kerajinan yang bernilai ekonomi.

Politisi Partai Golkar ini mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari pemerintah, pihak swasta hingga masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup yang seimbang serta membatasi penggunaan plastik.

"Ini harus dilakukan supaya pencemaran air dan tanah akibat sampah plastik tidak terus meningkat," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru