Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: Sekat Kanal Tahan Kadar Air Kawasan Gambut

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 Maret 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri menepis isu dan anggapan pembuatan sekat kanal memicu kawasan gambut mudah kekeringan.

Fahrizal menegaskan justru sekat kanal akan menjaga kadar air dalam wilayah gambut tetap stabil, walaupun debit air sungai sudah mulai menurun saat kemarau.

“Justru sekat kanal ini menahan (air), di saat musim kemarau tinggi air sungai turun maka dia menyedot jika tidak ada kanal. Kanal ini menahan (air) pada level tertentu sehingga daerah tersebut tidak kekeringan,” terang Fahrizal Fitri, Jumat, 19 Maret 2021

Dia menekankan sekat kanal memiliki sistem sepertihalnya bendungan atau dam. Pada sekat-sekat kanal yang dibangun harus ada pintu airnya untuk menahan air.

Hal ini nantinya akan membuat tinggi muka air dikawasan gambut maksimal berada di minus 0.4 meter, sehingga dengan adanya pembasahan kawasan rersebut resiko potensi kebakaran semakin kecil.

“Kalau dia (lahan gambut) kering akan menjadi bahan bakara yang mudah terbakar,” tandas Fahrizal Fitri. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru