Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Sebut Mendiang Sabran Achmad Merupakan Salah Satu Putra Terbaik Bangsa

  • Oleh Donny Damara
  • 29 April 2021 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Duka mendalam masih dirasakan oleh pemerintah provinsi, kabupaten, kota serta masyarakat Kalteng setelah kehilangan salah satu tokoh perintis berdirinya Bumi Tambun Bungai.

Ia adalah Almarhum Sabran Achmad yang telah berpulang ke pangkuan ilahi pada umur 90 tahun Selasa, 27 April 2021 pukul 17.16 WIB di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya.

"Beliau adalah salah satu putra terbaik bangsa ini, dan merupakan kebanggaan bagi Kalteng. Bumi Tambun Bungai dapat berdiri karena jasa-jasanya yang besar," ujar Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, Kamis, 29 April 2021.

Fahrizal mengatakaan, mendiang Sabran Achmad pernah mengabdi di Departemen Perburuhan Tahun 1950, Wakil Ketua DPR-GR Periode 1966-1971, Kepala Kantor Balai Statistik Kalteng Periode 1971 – 1986 dan Ketua Dewan Adat Dayak Periode 2008 – 2016.

Kemudian beberapa penghargaan pun pernah diberikan kepadanya seperti Bintang dalam Rangka 45 dan 50 Tahun Republik Indonesia, Bintang Peniti Emas, Isen Mulang atas Jasa Berdirinya Provinsi Daerah Tingkat I Kalteng dan Bintang Manggala Karya Kencana Kelas I.


"Jadi berdasarkan Keputusan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Alm. Sabran Achmad berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya," tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan, atas nama Pemprov Kalteng dan seluruh masyarakat, duka yang sangat mendalam dan turut ikut berbelasungkawa. Semoga, lanjut sekda, almarhum dengan segala jasa dan pengorbanan dibalas berlipat ganda oleh Tuhan Yang Maha Esa dan diberi tempat yang terbaik di sisi-Nya.

"Selamat Jalan Pahlawan Kita, kami akan meneruskan perjuanganmu untuk kemakmuran Kalteng kedepan," tandasnya.

Sebelumnya, Alm. Sabran Achmad telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya pada Rabu, 28 April 2021 dan dimakamkan dengan prosesi militer.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto . Pasukan upacara terdiri atas personel Yonif 1 SST dan Perangkat Upacara Komando Distrik Militer 1016 Palangka Raya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru