Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal Senam Militer TNI AD, Mudah Tapi Besar Manfaat

  • Oleh Hendri
  • 28 Mei 2021 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jajaran Jasmani Militer (Jadam) XII/Tanjungpura terus menyosialisasikan cara menjaga imun tubuh melalui olahraga secara teratur saat pandemi covid-19.

Salah satu olahraga yang mudah dan nyaman dilakukan adalah senam militer. Senam ini dikenal dengan nama Senam Les Mills (Body Combat). Senam ini diperkenalkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kini, Senam Les Mills, menjadi salah satu olahraga yang diselenggarakan di jajaran TNI AD hingga ke satuan terbawah.

Kepala Jasdam (Kajasdam) XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Rudi A Rachman, Senam Les Mills ini mudah dilakukan namun punya manfaat yang sangat besar.

"Senam Les Mills, merupakan senam yang berasal dari Auckland, Selandia Baru. Yang merupakan penggabungan dari berbagai macam ilmu beladiri. Saat ini telah populer, terutama di jajaran TNI AD," kata Rudi A Rachman.

Senam Les Mills ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kebugaran. Apalagi bila dilakukan secara rutin. Senam ini amat bermanfaat dalam membakar lemak, pengencangan, dan pembentukan otot, juga untuk kesehatan jantung.

"Gerakkan senam Les Mills ini melibatkan seluruh bagian tubuh dari telapak tangan, lengan, perut, paha, betis, telapak kaki, hingga punggung kaki. Menurutnya senam ini dapat membakar lemak sebanyak 500–700 kalori setiap sesi latihan," kata dia.

Kini, lanjutnya, Senam Les Mills tidak hanya dilakukan oleh kalangan TNI AD saja, namun telah diperkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia. Di Kota Pontianak, Jasdam XII/Tpr telah menyosialisasikannya beberapa waktu lalu.

"Adapun tujuan dari dikenalkannya Senam Les Mills oleh Kodam kepada masyarakat adalah untuk mengajak warga hidup sehat melalui olahraga. Senam Les Mills dipilih sebab gerakannya yang mudah diingat, dapat diikuti setiap lapisan masyarakat, serta tidak memerlukan tempat khusus," katanya.

"Tidak hanya kali ini saja, Senam Les Mills ini akan kami kenalkan kepada masyarakat secara rutin beberapa waktu lalu," lanjut Kajasdam. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru