Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rihando Nilai Perlu Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Daerah di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juni 2021 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando menilai perlu adanya digitalisasi ekonomi dan keuangan daerah di Kalteng.

"Pesatnya perkembangan teknologi perlu direspon melalui digitalisasi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi daerah yang kuat, inklusif dan berkelanjutan," kata Rihando pada Kamis, 17 Juni 2021.

Dari sisi pemerintah menurut Rihando, pemanfaatan digitalisasi dapat dilakukan melalui pengembangan Elektronifikasi Transaksi Pemda atau ETP pada transaksi pendapatan dan belanja melalui kanal pembayaran yang tersedia.

"Mengingat cakupan wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang luas, implementasi elektronifikasi di daerah perlu diperkuat melalui koordinasi dalam wadah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD yang telah dibentuk melalui surat keputusan Gubernur Kalimantan Tengah," terangnya.

Sementara itu, lanjutnya, digitalisasi dari sisi pelaku usaha dan masyarakat utamanya dapat berfokus pada sektor riil yang bersentuhan langsung pada peningkatan permintaan khususnya konsumsi masyarakat. Terbatasnya mobilitas masyarakat pada masa pandemi Covid-19 berpengaruh pada kinerja UMKM dan pariwisata daerah.

"Sehingga penggunaan website sebagai media promosi dan penjualan pada masa keterbatasan mobilitas masyarakat perlu dibangun untuk mengatasi lemahnya permintaan," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru