Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Selatan Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

  • Oleh Uriutu
  • 16 September 2021 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok - KPU Kabupaten Barito Selatan melaksanakan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkenlanjutan (DPB) triwulan III, Kamis 16 September 2021.

Kegiatan ini dihadiri Bawaslu, Dinkes, Disdukcapil, DSPMD, Kesbangpol, Polres, Kodim 1012 Buntok, dan Parpol tingkat kabupaten Barito Selatan.

Ketua KPU Barsel, Bahruddin mengatakan pada rakor triwulan II yang lalu paska Pilgub tahun 2020 bahwa jumlah data pemilih 95.421 jiwa.

Kemudian rentang waktu antara Juni 2021 sampai akhir Agustus 2021 mengalami penambahan 607 pemilih dan pengurangan 116 pemilih.

“Sehingga jumlah pemilih dari hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan sampai dengan Akhir Agustus 2021 adalah 95. 912 pemilih,” katanya.

Penambahan pemilih didominasi oleh pemilih pemula yang usianya telah mencapai 17 tahun dalam bulan berjalan serta beberapa diantaranya merupakan pensiunan dari TNI maupun Polri.

Sementara pemilih yang berkurang adalah Penduduk Barito Selatan yang terdaftar dalam daftar Pemilih namun telah meninggal dunia secara faktual yang ditemukan dilapangan. Kemudian juga, pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih, namun telah menjadi anggota TNI ataupun Polri.

Menurutnya, sumber data yang digunakan berasal dari Disdukcapil Barsel, data dari Polres dan data dari Kodim 1012 Buntok bagi yang menjadi TNI/POLRI maupun yang memasuki purna tugas sebagai anggota TNI/POLRI.

“Data Pemilih kita, idealnya terus mengalami penambahan. Namun lebih jauh dari bertambahnya Data Pemilih tersebut adalah validitas dan akurasi dari data pemilih yang terus membaik,” bebernya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru