Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya Optimis Olahan Ikan Lokal Mampu Saingi Produk Impor

  • Oleh Hendri
  • 23 September 2021 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah meyakini hasil olahan ikan yang diproduksi masyarakat setempat suatu saat akan mampu menandingi produk impor.

"Negara kita bahkan di Palangka Raya banyak juga brand impor di pasaran. Tapi kita optimis produk yang dihasilkan UMKM sektor olahan hasil perikanan mampu bersaing," katanya, Kamis 23 September 2021.

Dalam mendukung upaya pemasaran yang lebih luas dan upaya peningkatan kualitas produk pemerintah daerah menyediakan sejumlah program rutin tahunan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

"Termasuk bantuan peralatan yang lebih canggih dan higienis, pelatihan keterampilan hingga dukungan mempermudah akses permodalan di perbankan," ungkapnya.

Sektor perikanan saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk sektor hulu, aspek pengolahan hasil perikanan dan sektor hilir pada bagian pemasaran.

Berkaitan dengan hal itu, pemerintah melalui dinas terkait telah mengambil kebijakan percepatan industrialisasi perikanan yang merupakan integrasi sistem produksi hulu dan hilir.

"Kesejahteraan pelaku usaha perikanan merupakan salah satu pilar penting dalam peningkatan daya saing di era perdagangan bebas saat ini," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru