Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1 Juta Anak Ikan Papuyu Ditebar di Sungai Veteran Banjarmasin

  • Oleh ANTARA
  • 26 September 2021 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Pejabat Pemerintah Kota Banjarmasin menebar satu juta anak ikan papuyu atau Anabas testudineus di Sungai Veteran Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Bibit ikan papuyu atau biasa juga disebut ikan betok itu dilepasliarkan di Sungai Veteran yang merupakan kanal yang sejarahnya dibangun pada saat penjajahan Belanda dalam rangkaian Hari Jadi Ke-495 Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap dengan penebaran bibit ikan itu Sungai Veteran kembali berfungsi baik, tidak hanya sebagai saluran air, namun juga bagi kehidupan ikan-ikan di sungai itu.

Kota Banjarmasin tepat berusia 495 tahu pada 24 September 2021, dan dalam rangkaian peringatan itu digelar kegiatan bersih-bersih sungai, salah satunya Sungai Veteran yang masuk di wilayah tengah Kota Banjarmasin.

Selain bibit ikan papuyu, kegiatan pelepasanliaran ikan tawar yang dipimpin Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina tersebut juga dilepas bibit ikan lele.

Ibnu SIna menyatakan, kesadaran masyarakat sekitar Sungai Veteran perlu digerakkan untuk menjaganya dengan baik dan sadar bahwa sungai tersebut merupakan milik bersama yang harus dilestarikan.

Dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Veteran tersebut, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina juga mengukuhkan Komunitas Balingai (Banjarmasin Peduli Sungai), serta penandatanganan komitmen bersama meharagu (menjaga) dan melestarikan sungai-sungai yang ada di kota itu.

"Aksi bersih-bersih Sungai Veteran ini simbol komitmen bersama untuk menjaga sungai-sungai kita agar tetap berfungsi. Jadi kita awali dari Sungai Veteran. Kami berharap aksi membersihkan kawasan ini menjadi sebuah pesan agar kita merawat dan menjaga sungai," ujarnya.

Dikatakan Ibnu Sina, aksi bersih-bersih ini merupakan bagian dari program normalisasi sungai yang sudah direncanakan oleh Pemkot Banjarmasin.

Menurut dia, tidak hanya Sungai Veteran, namun juga Sungai A Yani, Sungai Guring dan beberapa sungai lainnya akan dilakukan normalisasi pada Tahun 2021 ini.

"Kami turunkan alat berat untuk mengeruk sungai-sungai kita ini agar bersih dan tidak dangkal lagi," ujarnya.

Menurut dia, program normalisasi sungai merupakan prioritas utama dalam pemerintahannya untuk periode kedua ini, sebab Kota Banjarmasin memiliki sekitar 200 sungai, baik skala besar ataupun anak sungainya, hingga kota itu disebut seabagai Kota Seribu Sungai.

Dia berharap, momen hari jadi ke-495 kota itu memunulkan semangat baru untuk sama-sama melestarikan lingkungan, khususnya sungai.

ANTARA

Berita Terbaru