Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir, Warga Diimbau Waspada Satwa Liar Masuk Rumah

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 13 November 2021 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir yang terjadi beberapa hari belakangan ini mengakibatkan rumah warga di Sampit, Kotawaringin Timur tergenang air. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pos jaga Sampit pun mengimbau warga agar berhati-hati dan memerhatikan kondisi sekeliling rumah. Pasalnya, dalam kondisi seperti ini satwa liar seperti ular, biawak, bahkan buaya bisa semakin mendekat ke permukiman.

"Hati-hati dan waspada terhadap satwa liar yang keluar dari sarangnya, seperti ular, biawak, dan buaya," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Sabtu, 13 November 2021. 

Seperti diketahui, sejumlah kawasan di Sampit bahkan di Kotawaringin Timur secara umum saat ini mengalami banjir karena intensitas hujan yang begitu tinggi. Banjir menggenangi rumah warga tak terkecuali semak-semak yang berada di sekitar permukiman. Biasanya, satwa liar cenderung mencari tempat yang lebih kering dan tinggi. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, warga hendaknya tak menumpuk sampah atau barang-barang bekas di sekitar rumah. Sebab satwa seperti king kobra, kobra dan sanca kerap menyukai tempat tersebut untuk bersembunyi. 

Selain itu, upaya lain yakni dengan menutup saluran air menggunakan kawat agar satwa liar seperti ular dan biawak air tidak masuk ke rumah. Biasanya saluran pembuangan yang terbuka menjadi akses bagi satwa liar tersebut masuk ke rumah maupun ke kamar mandi. 

Apabila terjadi satwa liar masuk rumah warga diharapkan tak nekat menangkap atau mengamankannya. Apalagi bila hewan yang masuk tidak diketahui berbisa atau tidak. Muriansyah menyarankan agar menghubungi yang berwenang seperti dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan. 

"Bila ada satwa liar masuk rumah atau sekitarnya, hendaknya tak menanganinya sendiri tanpa keahlian dan peralatan yang memadai, hubungi saja instansi yang berwenang," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru