Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Antusias Ikuti Susur Sungai Gratis dengan Kapal Wisata

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 08 Januari 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Kota Sampit, Kotawaringin Timur, antusias mengikuti perjalanan susur sungai menggunakan kapal wisata. Sayangnya kuota susur sungai yang disediakan terbatas. 

"Saya kira siapa cepat bisa naik, ternyata harus daftar terlebih dahulu. Sayang sekali," kata Dimas, salah seorang warga, Sabtu, 8 Januari 2022.

Terkait ini, Kepala Bidang Kesenian, Kebudayaan, dan Warisan Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Masnah menjelaskan, pihaknya terpaksa membatasi jumlah penumpang di kapal wisata untuk menghindari kerumuman berlebih. Selain itu juga alasan keselamatan. 

"Memnag antusias warga luar biasa. Namun sesuai dengan aturan dan protokol kesehatannya dalam sekali trip hanya dibolehkan maksimal 50 orang," ungkap Masnah.

Ditambahkannya, pihaknya juga hanya melaksanakan susur sungai gratis ini hanya dua hari dengan kuota penumpang sebanyak 200 orang yang telah mendaftar sebelumnya. Dalam sehari kapal wisata melakukan perjalanan atau trip sebanyak dua kali. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-69 Kotim. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, mengajak masyarakat untuk berwisata susur sungai menggunakan kapal wisata secara gratis. 

Selain susur sungai di atas kapal wisata itu juga terdapat kegiatan kesenian seperti tarian tradisional dan karungut. Ada juga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dilibatkan. 

"Biasanya tarif per tri kapal wisata berkisar Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta sesuai keperluan, tapi kali ini kami laksanakan gratis. Ini agar masyarakat yang belum pernah jadi merasakan sensasi berwisata dengan kapal wisata," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru