Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Tempat Ngabuburit Favorit di Kasongan Saat Tunggu Bedug Magrib

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 April 2022 - 00:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa atau lebih dikenal dengan istilah Ngabuburit merupakan tradisi yang dilakukan pada waktu bulan Ramadan, termasuk di Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Biasanya, momen tersebut kerap diisi dengan berbagai aktivitas, seperti mengunjungi lokasi area publik, sekaligus sambil berburu kudapan buka puasa untuk dibawa pulang ke rumah.

Di Kota Kasongan, sejauh ini, ada beberapa tempat obyek wisata yang sering dikunjungi warga. 

Selain Bukit Batu, bekas tempat pertapaan pahlawan nasional yang juga Gubernur Kalteng pertama, Tjilik Riwut juga di sekitar tempat itu ada Kebun Raya Katingan.

Kemudian, Taman Hijau Kasongan dan Taman Ruang Terbuka Hijau atau RTH yang lokasinya berada di depan Kantor Bupati Katingan. Lainnya ada Taman Religi bawah Jembatan Sei Katingan.

Tempat-tempat tersebut sejauh ini menjadi langganan warga lokal maupun luar daerah untuk berwisata, terutama pada hari libur Minggu atau libur hari-hari besar keagamaan maupun libur tahun baru.

Pun demikian saat bulan Ramadan 1443 Hijriyah saat ini, tempat-tempat tersebut juga menjadi favorit warga untuk menghabiskan waktu sambil menunggu bedug magrib menjelang berbuka puasa.

Seperti pantauan borneonews.co.id, Rabu sore, 13 April 2022 di Taman Hijau dan Taman RTH Kasongan. Puluhan warga tampak Ngabuburit di tempat tersebut. 

Selain duduk santai dan berjalan mengelilingi taman, pengunjung yang datang juga tidak jarang mengabadikan momen itu dengan foto selfie.

Tidak jarang pula warga yang datang di Taman Hijau juga memesan aneka makanan dan minuman yang dijajakan puluhan pelaku UMKM untuk takjil.

"Sudah beberapa kali sih datang ke sini, terutama untuk menunggu waktu buka puasa hari ini. Soalnya kalau mendatangi tempat wisata seperti ini waktu tidak terasa, tahu-tahu sudah mendekati magrib, beda kalau hanya diam di rumah terasa lama," kata Fitri pengunjung Taman Hijau Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru