Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Purna Tugas, Ini Pesan Kariato untuk Pemberdayaan UMKM dan Koperasi di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Juni 2022 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kariato yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Barito Timur dan memasuki masa pensiun atau purna tugas mulai, Rabu 1 Juni 2022 menyampaikan pesan terkait pemberdayaan UMKM dan Koperasi.

Menurutnya pembinaan UMKM di Barito Timur sudah berjalan dengan baik, namun yang perlu dipikirkan ke depan adalah promosi produk maupun jasa UMKM itu sendiri.

"Produk olahan makanan maupun kerajinan yang ada di Barito Timur saat ini sudah bagus, tapi permasalahan yang dihadapi sekarang yakni promosi untuk produk UMKM tersebut," ujarnya di Desa Hayaping.

Kariato menambahkan selama ini UMKM di Barito Timur sering diundang oleh panitia pameran di tingkat provinsi maupun nasional untuk mengikuti pameran, namun karena kendala pendanaan sehingga dinas terkait tidak dapat mengikutkan UMKM dalam pameran tersebut.

"Jadi yang perlu dipikirkan ke depan bagaimana kita dapat mengikutkan UMKM lokal kita ke pameran di tingkat provinsi maupun nasional untuk mempromosikan produk kita," sarannya.

"Selama ini dana CSR dari pihak ketiga untuk UMKM juga di salurkan sehingga boleh dikatakan pembinaan UMKM di Barito Timur sudah berjalan dengan baik," imbuhnya.

Sementara untuk koperasi, Kariato berpesan agar pengelola koperasi menaati aturan sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Dia mengatakan, banyak konflik kepengurusan terjadi pada pengelolaan koperasi karena tidak mematuhi aturan yang ada.

"Sering kali pengurus lupa bahwa keputusan tertinggi ada pada rapat anggota, sehingga mereka mengambil keputusan tanpa melibatkan anggota," terangnya.

Kariato juga sempat menyinggung penataan pasar yang sempat menimbulkan pro-kontra beberapa waktu lalu. Menurutnya, setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pasti untuk kepentingan masyarakat meski kadang terlihat kebijakan tersebut tidak populer.

Karena itu dia berharap ke depan masyarakat tetap mendukung program yang dibuat pemerintah sehingga dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru