Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Babukung Lamandau Bakal Tampil di KEN 2022

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Juni 2022 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Festival budaya Babukung Lamandau lolos dalam ajang kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 atau yang sebelummya lebih dikenal dengan Calendar of Events (CoE).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Meigo menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya strategis Kemenparekraf RI dalam rangka mempromosikan kekayaan tradisi, budaya serta sumber daya alam Indonesia kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Kita sudah upayakan. Syukurlah Festival Babukung Lamandau tahun ini bakal berpartisipasi di KEN 2022," ungkap Meigo. Senin, 20 Juni 2022.

Supaya dapat berpartisipasi dalam KEN ini, maka event harus memenuhi kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi, aspek kolaborasi berbasis potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat serta aspek adaptasi yang berbasis protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment).

"Kami telah berhasil memaparkan aspek-aspek lebih dari festival budaya tersebut pada saat proses kurasi, sehingga dapat diterima," terangnya.

Lolosnya Festival Babukung di ajang KEN 2022 menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lamandau. Pelaksanaan event KEN 2022 rencananya bakal digelar pada 28 – 30 November 2022.

"Tahun ini adalah tahun ke 7 penyelenggaraan Festival Babukung dengan mengangkat tema, Bangkit bersama Pariwisata," sebutnya.

Festival tersebut berawal dari Babukung yang merupakan sejenis tarian ritual adat kematian Suku Dayak Tomun di Lamandau. Tarian ini menggunakan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut Luha, sedangkan para penari disebut Bukung.

Bukung-bukung itu datang dari desa tetangga atau kelompok masyarakat dengan tujuan menghibur keluarga duka sembari menyerahkan bantuan. Dari tradisi tersebut Kabupaten Lamandau menggelar Festival Babukung. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru