Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PMR SMAN-1 Buntok Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan

  • Oleh Uriutu
  • 26 September 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Palang Merah Remaja atau PMR SMAN-1 Buntok  melaksanakan pelatihan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat. di aula sekolah, Senin, 26 September 2022.

Seorang guru, Cilatesni mewakili Kepsek, Mahyani mengatakan, anak-anak UKS PMR SMAN-1 Buntok berdedikasi tinggi dengan tugas ini. Namun, masih minim pengetahuan untuk menangani pasien atau korban gawat darurat.

Seperti, lanjut dia, pingsan, patah kaki, keseleo, serta sakit maag dan asam lambung. Oleh sebab itu, lanjut dia, pihaknya berharap, para murid yang tergabung dalam UKS PMR mengikuti materi dengan baik, sehingga bisa diterapkan baik di lingkungan sekolah maupun keluarga.

“Kegiatan ini sangat penting untuk melakukan pertolongan pertama dengan baik dan benar bagi orang sakit atau korban kecelakaan, sebelum mendapatkan pertolongan dari medis,” kata Cilatesni.

Ini, lanjut dia, tidak hanya sebatas di PMR, namun jika sewaktu-waktu ada orang yang perlu pertolongan pertama, mereka sudah bisa membantu dengan baik dan benar.

Sementara itu, Ketua DPW UPT RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kamelia Norman Wahyu mengatakan, pihaknya memberikan materi dasar dalam pelatihan pertolongan pertama pada pasien kegawatdaruratan.

Misalnya, penanganan pada pasien keseleo, jatuh dari tangga serta pingsan saat upacara bendera. “Hal ini tujuannya agar anggota PMR ini dapat menangani atau melakukan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat dan terhindar lebih fatal, sebelum ditangani medis,” ujarnya. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru