Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 11 SKPD di Kobar yang Alami Peningkatan SAKIP

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 November 2022 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Inspektur Kabupaten Kobar, Isno Pandowo, menjelaskan tahun 2022, terdapat 11 SKPD yang mengalami peningkatan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Hal tersebut disampaikan Inspektur Kabupaten Kobar dalam kegiatan rapat atas hasil evaluasi SAKIP, Selasa, 1 November 2022, di Aula Kantor Bupati Kobar.

Walau demikian, menurut Inspektur Kabupaten Kobar tahun ini juga terdapat 27 SKPD mengalami penurunan nilai. 

"Hal yang membuat penurunan nilai adalah lembar kerja evaluasi (LKE) tahun 2022 yang digunakan berbeda dengan tahun sebelumnya yakni berpedoman pada Permenpan RB no.88 tahun 2021," jelasnya.

Dalam pedoman ini, bobot tertinggi adalah aspek implementasi atau pemanfaatan dimana dalam LKE tersebut mewajibkan ada upaya inovasi yang menjadi percontohan dalam penerapan manajemen kinerja.

Sebelumnya, Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo menyampaikan pada Kepala SKPD yang hadir dalam rapat tersebut, perlunya diperkuat bebagai inovasi di masing-masing SKPD.

"Saya pikir hal itu tidak terlalu sulit, memperpendek jalur birokrasi juga bagian dari inovasi, dan ini tidak harus membutuhkan anggaran, yang penting adad keinginan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Selain itu kepala SKPD diharapkan untuk terus memantau dan mengawasi segala permasalahan di masing-masing instansinya.

“Kepala SKPD harus berkomitmen untuk meningkatkan nilai SAKIP di intansinya,” tegasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru