Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Umat Katholik Rayakan Rabu Abu Sebagai Pengingat Asal-Usul Manusia

  • 10 Februari 2016 - 18:32 WIB

Hari ini, Rabu (10/2/2016), umat Katholik di seluruh dunia merayakan Rabu Abu. Hari Rabu Abu ini dilaksanakan tepat 40 hari sebelum Jumat Agung. Pada hari Rabu Abu ini, umat Katholik melaksanakan misa dan diberikan abu di keningnya.

  Abu ini merupakan simbol pengingat asal-usul manusia.  Dari debu kembali ke debu. Dari tanah kembali ke tanah.

"Di awal masa pra-Paskah ini, umat Katholik melaksanakan kebhaktian atau misa dan dioleskan abu di keningnya sebagai pengingat asal kita dari mana," ungkap Purwaka, salah seorang umat Katholik yang beribadah di Katedral Santa Maria, Palangka Raya.

Menurut Purwaka, Rabu Abu ini umat Katolik juga diwajibkan berpuasa seharian penuh.   Puasa ini wajib bagi umat  yang berumur 18-60 tahun dalam kondisi sehat.

  Setelah itu,  diwajibkan pula puasa selama 40 hari.  "Puasa ini dilaksanakan selama 40 hari sejak besok (Kamis, 11/2/2016) sampai Jumat Agung nanti," pungkasnya.

Saat berpuasa, umat Katholik hanya makan sekali dalam sehari. Puasa ini dimaksudkan agar umat Katholik dapat memperbaiki diri dan merenungi perjalanan hidupnya selama ini demi menjadi pribadi yang lebih baik. (TP/*)

Berita Terbaru