Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Hanau Jadi Calon Ibukota Provinsi Kotawaringin

  • 11 Februari 2016 - 08:40 WIB

Kecamatan Hanau di Kabupaten Seruyan bakal menjadi ibukota Provinsi Kotawaringin. Wilayah ibukota ini meliputi Kecamatan Pangkalan Banteng (Kotawaringin Barat) dan Kecamatan Telawang (Kotawaringin Timur). 

Usulan ini datang dari Bupati Lamandau Ir Marukan saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi (rakor) yang membahas tindak lanjut persiapan pembentukan Provinsi Kotawaringin yang dihadiri seluruh perwakilan Badan Pekerja Pembentukan Provinsi Kotawaringin (BP3K) dari lima kabupaten, di Aula Setda Lamandau, Rabu (10/2/2016) malam. Hadir dalam acara itu BP3K Provinsi Kalimantan Tengah.

Usulan Bupati Lamandau itu kemudian juga dikuatkan dengan pernyataan Ketua BP3K Lamandau H Tommy Hermal Ibrahim serta disambut baik Bupati Seruyan H Sudarsono.

Rakor yang berlangsung sejak pukul 20.00 WIB itu cukup dinamis. Bupati Lamandau Ir Marukan, sebagai tuan rumah menyelipkan pesan bahwa jika persoalan ibukota tidak kunjung rampung, maka harapan membentuk Provinsi Kotawaringin akan sulit terwujud. 

Deadlock kesepakatan perihal letak calon ibukota Provinsi Kotawaringin menjadi kendala mendasar bagi rencana pembentukan provinsi baru untuk lima kabupaten (Lamandau, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Seruyan dan Sukamara) yang digagas sejak delapan tahun lalu. Kendala lainnya adalah tidak adanya respon positif dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah era kepemimpinan Teras Narang. [HN/m]

Berita Terbaru