Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPDPKS: Ekonomi Masyarakat Desa Dapat Diwujudkan Melalui Dukungan Petani Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2023 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kemampuan ekonomi masyarakat desa dapat terwujud melalui kegiatan berusaha yang dapat dilakukan masyarakat desa itu sendiri. Sebab itu, petani kelapa sawit sebagai aktor atau pelaku usaha perkebunan kelapa sawit, memiliki peranan penting dalam masyarakat pedesaan untuk ambil bagian dalam pemberdayaan perkebunan kelapa sawit demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Hal ini dikatakan Kepala Divisi Perusahaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Achmad Maulizal dalam rilisnya kepada Borneonews pada Minggu, 5 Februari 2023.

"Pemberdayaan masyarakat sendiri, mulai populer di Indonesia sejak tahun 1980-an ketika sektor perkebunan kelapa sawit juga mulai dikembangkan dalam bentuk Perkebunan Inti Rakyat dengan pola Transmigrasi atau PIR-Trans, yang bekerjasama bersama perusahaan perkebunan sebagai perusahaan inti dengan fungsi utama sebagai Avalis atau penanggung jawab dalam kemitraan bersama petani kelapa sawit," kata Achmad.

Menurut Achmad, era tahun 1980an tersebut, memang lebih dikenal pula di Indonesia sebagai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Lembaga Swadaya masyarakat atau LSM atau sering disebut sebagai Organisasi Non Pemerintah atau Ornop.

"Namun konsep pemberdayaan tersebut, telah melebur menjadi satu kesatuan konsep yang universal, dimana pemberdayaan masyarakat bertujuan mengurangi tingkat kemiskinan yang diadopsi pula oleh lembaga-lembaga pemerintah," terangnya lagi.

Keterlibatan Pemerintah Indonesia sebagai penyelenggara negara, menurut Achmad tak bisa terlepas dari kemajuan perkebunan kelapa sawit hingga dewasa ini.

"Perkebunan kelapa sawit bisa mendapatkan hasil panen buah Tandan Buah Segar atau TBS dari hasil penanaman pohon kelapa sawit yang berhasil dilakukannya. Apabila tidak menanam pohon kelapa sawit, maka perusahaan perkebunan kelapa sawit, tidak bisa mendapatkan hasil apapun. Lantaran, perusahaan perkebunan memiliki orientasi utama dari usahanya untuk menanam pohon kelapa sawit," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru