Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Gejala TBC Anak Sejak Dini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Maret 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam penyuluhan kesehatan dilakukan Tim RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mengajak masyarakat untuk mengenali gejala Tuberkulosis atau TBC anak sejak dini.

Penyuluhan diberikan oleh dr Dewi Fatmi Januarini, beserta Tim PKRS RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini menjelaskan gejala yang terdapat pada anak apabila batuk lama lebih dari 2 pekan walaupun sudah diberikan pengobatan.

Kemudian demam selama dua pekan tanpa sebab yang jelas, berat badan turun atau menetap selama 2 bulan, serta aktivitas anak yang lesu tidak seperti biasanya itu patut diperhatikan.

"Apabila ada gejala tersebut, segera periksakan anak anda ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit terdekat," katanya, Sabtu, 25 Maret 2023.

Ia menyebutkan penyakit TBC bisa disembuhkan dengan cara minum obat yang teratur dan tuntas lama pengobatannya. 

"TBC ringan selama 6 bulan dan TBC ekstraparu berat (TBC otak atau tulang) selama 12 bulan. Vaksin BCG untuk mencegah sakit TBC, terutama TBC yang berat dan banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan vaksinasi," jelasnya.

Pada anak-anak terutama balita, yang kontak erat dengan pasien TBC paru berisiko tinggi terinfeksi dan sakit TBC berat yang bisa menimbulkan kematian.

"Obat pencegahan dapat menghindarkan anak anda dari kondisi tersebut. Obat pencegahan TBC yang diminum secara teratur dan tuntas dapat memberi perlindungan 60 - 80 persen," imbuhnya.

Sedangkan, untuk anak yang kontak erat dengan pasien TBC paru harus diperiksakan ke dokter untuk memastikan ada tidaknya sakit TBC.

"Jika sakit TBC, segera diberikan obat TBC, dan Jika tidak sakit TBC, perlu diberi obat pencegahan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru