Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Rabies pada Musim Kawin Anjing Bulan April

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 April 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono meminta masyarakat untuk waspada terhadap gigitan hewan penular rabies atau HPR, terutama di musim kawin yang biasanya terjadi salah satunya bulan April ini.

"Kami imbau masyarakat untuk waspada terhadap gigitan anjing rabies terutama pada bulan April ini karena termasuk musim kawin pada hewan anjing," kata drh Eko kepada Borneonews pada Minggu, 2 April 2023.

Terutama pula, lanjut drh Eko, pada anjing yang baru melahirkan yang sensitive dan kerap menyerang. "Untuk Itu masyarakat diminta terus mewaspadai kasus rabies pada anjing saat musim kawin yakni pada bulan April, Mei, Juni maupun Oktober," ucap drh Eko lagi.

Untuk itu masyarakat drh Eko meminta agar secara rutin memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya.

"Baik dengan membawa hewan peliharaan ke kantor dinas ataupun klinik hewan. Atau dapat pula menghubungi vaksinator Kota untuk datang memberikan vaksin rabies kepada anjing-anjing milik masyarakat," tutur Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalteng ini. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru