Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penjual Kalong di Kasongan Ketiban Rezeki

  • 15 Maret 2016 - 12:34 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Penjual kalong yang mangkal di Jalan Soekarno-Hatta Kasongan Kabupaten Katingan ketiban rezeki. Belum beberapa menit memakirkan mobil pikapnya, sejumlah warga sudah mengerubunginya untuk membeli kalong itu, Selasa (15/3/2016).

Deby, penjual kalong, mengaku jika ia bersama salah seorang anaknya baru tiba dari Samuda, Kabupaten Kotawaringin Timur, untuk menjual ratusan kalong di Kasongan.

"Ini tadi baru tiba di Kasongan dan sudah ada sekitar 15 kalong yang laku terjual," sebut Deby.

Menurutnya kalong-kalong yang dijual itu sebelumnya dibeli dari warga di Samuda yang berprofesi mencari kalong.

"Kebetulan di Samuda sedang musim buah langsat, sehingga cukup banyak kalong yang berdatangan untuk memakan buah langsat itu," katanya.

Banyaknya kalong tersebut dimanfaatkan sejumlah warga setempat untuk memasang perangkap semacam jaring yang dipasangkan di antara pohon langsat untuk menangkap kalong tersebut.

Deby mengaku jika ia membeli kalong yang masih hidup Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per ekor kepada warga. Lalu dijual di Kasongan rata-rata Rp40 ribu per ekor. 

"Kalau yang mati kita jual Rp25 ribu per ekor," ujarnya.

Selain enak, daging kalong diyakini juga dapat menyembuhkan penyakit asma kepada manusia. "Waktu musim buah langsat tahun kemarin kita juga membawa kalong ke Kasongan, seperti hari ini," ujarnya.

Deby mengaku membawa 350 ekor kalong ke Kasongan. "Biasanya sehari saja habis terjual," imbuhnya.

Jaya, seorang warga Kasongan yang membeli dua ekor kalong mengaku jika keluarganya memang hobi mengkonsumsi daging kalong ini. 

"Sudah lama tidak ada warga yang menjajakan kalong, dan tadi kebetulan saya lihat ada yang menjual di sini langsung kita beli," katanya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru