Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus KDRT di Kalteng Terus Meningkat

  • 15 Maret 2016 - 13:03 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - KEKERASAN dalam rumah tangga (KDRT), khususnya pada perempuan dan anak di Kalimantan Tengah terus meningkat. Untuk mencegahnya, korban KDRT seharusnya tidak takut melaporkan ke petugas yang menangani KDRT.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (BP3AKKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Endang Kusriatun, mengungkapkan itu pada Borneonews, Selasa (15/3/2016).

"Apabila masyarakat semakin memahami (masalah KDRT), akan semakin banyak yang melaporkan. Karena kita juga tidak bisa bergerak kalau tidak ada laporan. Harus ada kesadaran korban atau keluarga sendiri yang bisa mencegah kekerasan ini makin sering terjadi," kata Endang.

Berdasarkan data BP3AKKB Kalteng selama tahun 2014, telah terjadi sebanyak 44 kasus KDRT. "Kasus itu melibatkan penganiayaan terhadap istri dan anak. Untuk kasus yang lain angkanya jauh berada di bawah, misalnya perzinahan terjadi 20 kasus," ungkap Endang.

Endang mengatakan, angka itu belum menggambarkan kondisi sebenarnya di masyarakat. Sebab, lanjutnya, masih banyak warga yang enggan melaporkan kasus KDRT karena malu, atau dianggap membuka aib keluarga.

Ia mengatakan, KDRT di kalangan masyarakat lebih banyak terjadi pada usia 20 hingga 45 tahun, dengan penyebab terbesar karena faktor ekonomi. "Kalau untuk tahun 2015 belum kami rinci yang pasti lebih tinggi dibandingkan yang tahun 2014 itu," jelasnya.

Endang berharap, perasaan malu harus dihilangkan agar anak dan kaum perempuan khususnya, dapat berkembang sehat secara fisik dan psikologis.

"Apabila masyarakat mengetahui, mendengar dan melihat tindak kekerasan supaya segeralah melapor ke petugas Penghapusan KDRT. Kita sudah punya satgas PKDRT di sejumlah kelurahan di kota Palangka Raya dan P2TP2A di Jalan Thamrin, PPA Polres, dan lainnya," imbaunya. (Testi Priscilla/B-10)

Berita Terbaru