Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Maksimalkan Pengembangan Pariwisata di Perkotaan

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Mei 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Andayani mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait untuk dapat lebih memaksimalkan pengembangan pariwisata di wilayah perkotaan.

Menurutnya, sektor pariwisata ini sangat penting untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), dan sejumlah wilayah perkotaan di Kalteng ini masih banyak yang minim keberadaan objek wisata, sehingga hal ini patut menjadi perhatian bersama.

"Contohnya saja di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, disana itu masih minim objek wisata di wilayah perkotaan. Memang ada objek wisata di beberapa tempat, tapi itu belum mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung," ucapnya, Rabu, 3 Mei 2023.

Minimnya objek wisata di suatu daerah, pastinya akan membuat masyarakat lebih banyak keluar daerah ketika hendak berlibur. Hal ini tentu sangat merugikan bagi daerah itu sendiri, sebab objek wisata yang mumpuni itu tidak hanya dapat menarik wisatawan lokal tapi juga nasional hingga internasional.

"Apabila di wilayah perkotaan itu minim objek wisata yang bisa dikembangkan, alternatifnya yakni membuat objek wisata buatan dengan konsep yang kedepannya mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Tentu dalam pembangunannya pun perlu sinergitas antar pemda," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa, salah satu pendapatan daerah yang bisa dimanfaatkan yakni dari sektor pariwisata. Oleh karena itu, sektor ini harus benar-benar dapat diperhatikan terlebih lagi setiap daerah baik wilayah perkotaan hingga pedesaan memiliki banyak potensi.

"Itu hanya tinggal bagaimana pemerintah mengembangkannya saja, maksimalkan potensi yang ada dengan harapan kedepan mampu meningkat PAD. Sebab, PAD ini didapatkan salah satunya dari sektor pariwisata," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru