Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Warung Mengaku Jadi Korban Penipuan Sales Rokok Ilegal

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 18 Mei 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah pemilik warung di Jalan Ir. H juanda, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengaku menjadi korban penipuan sales rokok ilegal.

Salah satu korban yang bernama Riko (32) yang juga pemilik warung, mengaku dirinya ditipu oleh sales rokok yang ia beli dari orang sales rokok dengan cukai palsu tersebut.

"Kejadian sebelum lebaran kemarin Jadi dia (pelaku) nawarin rokok kalau merk nya Saga dan Araow. Nah waktu itu saya ambil lah satu slop harga Rp 120 ribu, pas saya cek cukai tahun 2022 saya minta balikin barangnya dan minta uang kembali karena rokok itukan setahu saya tidak jelas resmi atau tidak,"  kata Riko, Kamis, 18 Mei 2023.

Riko juga mengatakan, sales rokok tersebut memang kerap kali menawarkan rokok yang diduga ilegal tersebut. Namun, pada saat itu dirinya meminta kepada sales rokok tersebut untuk mengembalikan uang atau mengganti rokok tersebut dengan yang baru.

"Yang jaga warung waktu itu adek, tanpa sepengetahuan saya langsung diganti. Karena tidak sesuai saya hubungi lah kembali sales itu, namun nomor saya malah diblokir dan uang sampai hari ini tidak kembali," bebernya.

Riko menduga kuat pelaku bukanlah sales resmi melainkan sales lepas karena melihat dari penampilan tidak seperti sales pada umumnya, bahkan terkadang  hanya menggunakan celana pendek, sendal jepit, dan ransel.

Tak hanya itu, nomor whats app yang digunakan pelaku juga diduga menggunakan nama palsu difoto profil bernama ferry sementara keterangan nama mengatas namakan Adit.

"Kalau rokok saya yakin ilegal, dari packingnya aja keliatan bukan dari pabrik seperti sudah dibongkar kemudian di kemas ulang. Kejadian ini bukan hanya cuma saya saja banyak pedagang di Jl. Ir H Juanda ini juga jadi korban," katanya. (BUDDI RAHMAT H/J)

Berita Terbaru