Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menikmati Pendidikan Tinggi, Berkah KIP Kuliah

  • Oleh ANTARA
  • 21 Mei 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Bondowoso - Nur Imaniah tidak langsung percaya ketika mendapat informasi adanya kuliah gratis dan mendapatkan uang saku setiap bulan.

"Jangan-jangan ini kampus tidak jelas, kok kuliah gratis," begitu yang terlintas dalam pikirannya ketika sulung dari dua bersaudara itu mendapat informasi pada 2022 lalu.

Sejak menginjak pendidikan di sekolah menengah atas (SMA), ia sudah tidak berpikir untuk kuliah karena melihat keadaan ekonomi orang tuanya yang hanya sebagai petani kecil dengan penghasilan pas-pasan.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja tidak mudah, apalagi kalau orang tuanya harus menanggung biaya dia kuliah. Karena itu, yang selalu terlintas dalam pikirannya adalah bekerja. Saat itu dia hanya berpikir untuk mencoba tes masuk anggota TNI atau Polri.

Suatu ketika, ayahnya meminta Nur Imaniah untuk kuliah dan soal biaya tidak perlu dipikirkan. Dengan tegas dijawab bahwa dia sudah bosan untuk belajar. Maksud sebenarnya adalah dia tidak ingin menambah beban orang tuanya.

Begitu diyakinkan oleh saudara sepupunya yang menyampaikan informasi KIP Kuliah itu, Iim, panggilan akrabnya, mulai luluh dan mau mengikuti arahan untuk mendaftar secara daring.

Setelah itu, ia baru yakin bahwa memang ada beasiswa untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, yakni Program "Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah" yang dulu dikenal dengan istilah beasiswa Bidikmisi.

Ia pun mulai bersemangat untuk kembali ke bangku pendidikan, setelah mengetahui bahwa kampus yang ditujunya memiliki jurusan Bahasa Indonesia. Sejak SMA, meskipun tidak terlalu rutin, ia mulai belajar menulis cerita pendek atau cerpen.

Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Ponorogo, Jawa Timur, itu kini sudah dua semester mengenyam pendidikan tinggi tanpa membebani orang tuanya untuk mencari biaya kuliah.

Iim merasakan banyak manfaat dari beasiswa itu. Selain mengurangi beban orang tua untuk biaya pendidikan, dia juga lebih banyak belajar bertanggung jawab atas beasiswa yang diterimanya.

Berita Terbaru