Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai di Kalsel Tercemar

  • 23 Maret 2016 - 20:56 WIB

MANTAN Menteri Riset dan Tek'nologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta menya'ta''kan perairan atau sungai di Provinsi Kalimantan Selatan memerlukan perhatian serius dari semua pihak, karena tingkat pencemarannya cukup tinggi.

'Pencemaran itu bukan sa'ja berupa bakteri koli, tapi ber'bagai limbah yang baik se'cara langsung atau tidak lang'sung bisa membahaya'kan kesehatan bagi yang me'ngonsumsi,' katanya di sela-sela Pembinaan Teknis Pe'nilaian dan Rapat Kerja Tek''nis Penilaian Adipura di Ban'jar'''baru, Rabu (23/3/2016).

Pria yang kini kembali men'''ja'di dosen di program pas'''casar'jana lingkungan hi''dup di Uni'versitas Lam'bung Mangkurat (Unlam) Ban'''jar'masin, itu mengaku mes'ki sudah tidak menjadi men'teri, di'rinya masih sering me'ne'rima informasi tentang ting'kat pen''cemaran air sungai di Kal'sel.

'Kalau mengenai pencemar'an bakteri koli, kita dapat me'ngatasinya antara lain de'ng'an cara tidak membuang ha''jat (air besar) ke sungai.

Memang perilaku masyarakat Kalsel belakangan sudah ber'kurang kebiasaan buang air besar ke sungai. Hal itu ter'lihat dengan berkurangnya jam''ban di sungai,' ujarnya.

Namun, ada hal lain yang ju'ga memer'lukan perhatian ber''sama, terutama bagi mere'ka yang tinggal di bantaran su'ngai. Yakni agar membuat ka'mar mandi permanen su'pa'ya tinja yang merupakan bia'ng bakteri koli tidak me'rem'bes keluar.

(Ant/B-3)

Berita Terbaru