Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Beri Bantuan Perlengkapan Pemadam Kebakaran Kepada Relawan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 31 Mei 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memberikan bantuan perlengkapan pemadam kebakaran kepada relawan di Jalan Ketapi 3, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

"Harapan kita dengan peralatan ini, meskipun dalam skala kecil paling tidak masyarakat dapat bergerak memadamkan api tidak harus menunggu Damkar atau BPBD paling tidak kalau skala kecil itu bisa diatasi relawan," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Rabu, 31 Mei 2023.

Dirinya berharap, peralatan ini membantu dapat membantu relawan dalam memadamkan api di lingkungan sekitar. Misalnya kebakaran perumahan atau fasilitas yang ada. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Multazam, turut mendampingi Halikinnor menyampaikan bantuan itu. Bantuan itu berupa satu unit mesin dompleng diberikan dengan sistem pinjam pakai. Sementara 5 buah selang ukuran 1,5 inci dan sejumlah alat perlindungan diri (APD) diberikan sepenuhnya.

Mesin dompleng berfungsi untuk mempercepat pengisian tangki dari sumber air. Karena saat kemarau biasanya terjadi kesulitan pada sumber air.

"Jadi dengan alat ini kalau mengisi tangki 5.000 kurang lebih sekitar 20 menit sudah penuh," kata Multazam. 

Sementara itu, pemberian APD itu memperhatikan keselamatan dan keamanan relawan. Multazam mendapati para relawan berjibaku memadamkan api tanpa APD, sehingga sangat beresiko terhadap keselamatan jiwanya. 

"Kami melihat relawan memadamkan dengan sepatu seadanya dan tanpa pelindung kepala, ini sangat beresiko. Jadi ini bagian dari kontribusi kami," demikian Multazam. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru