Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kuota Vaksin Rabies Berkurang, Distan Kapuas Tetap Vaksinasi Hewan di Kecamatan Selat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Juli 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Meski kuotanya berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya, Dinas Pertanian (Distan) Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan tetap melaksanakan vaksinasi terhadap hewan peliharaan warga.

Seperti yang telah dilakukan petugas vaksinasi ratusan hewan, terutama anjing peliharaan warga di wilayah Kecamatan Selat.

"Vaksinasi di wilayah Kecamatan Selat sudah dilakukan 300 dosis. Untuk tahun ini kuota vaksin jauh menurun dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga banyak HPR (Hewan Penular Rabies) yang tidak tervaksin," kata Kepala Distan Kapuas, Yaya melalui Medik Veteriner Muda, drh Anik Ariswandani, Jumat, 21 Juli 2023.

Mengingat, kata dia di daerah Kecamatan Selat sendiri sebenarnya populasi anjing ada sekitar 400 ekor.

"Tapi, karena kuota vaksin hanya 300 ekor, jadi tidak semua anjing bisa divaksin sehingga beberapa pemilik protes. Bahkan banyak pemilik kucing yang protes juga karena tahun ini kucing tidak mendapatkan kuota vaksin rabies," ucapnya.

Memang, kata dia selama ini vaksin rabies untuk Kabupaten Kapuas hanya dari bantuan pemerintah pusat lewat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi rabies sudah cukup bagus di Kabupaten Kapuas. Apalagi masyarakat mendengar dan mengetahui berita adanya kasus rabies pada manusia di kabupaten lain," ucapnya.

Kabupaten Kapuas sendiri belum ada alokasi untuk mengadakan vaksin rabies sendiri dan diharapkan dapat dianggarkan di tahun berikutnya.

 "Semoga tahun-tahun berikutnya kuota vaksin tercukupi untuk diadakan vaksinasi rabies di 17 kecamatan. Kesadaran masyarakat yang sudah bagus harus kita dukung supaya Kapuas bisa bebas rabies," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru