Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Pulang Pisau Tingkatkan Penanaman Mangrove di Daerah Pesisir

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 21 Agustus 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pulang Pisau Hendri Arroyo mengatakan, salah satu cara mengatasi terjadinya banjir akibat abrasi adalah meningkatkan kembali penanaman dan pelestarian mangrove di daerah pesisir.

"Sebab, tanaman mangrove mempunyai peran yang sangat penting dan manfaat yang cukup besar untuk lingkungan dikarenakan mampu menyerap genangan pasang surut air laut,"ucap Hendri, Senin, 21 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, sebagian masyarakat Pulang Pisau ada yang tinggal dan hidup di sekitaran pesisir dengan mata pencaharian sebagai nelayan. Sehingga, sangat memiliki resiko yang besar terkena musibah abrasi.

 "Untuk hal ini, tentu harus ada tingkat kesadaran masyarakat untuk melestarikan mangrove,"jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya telah bekerjsama dengan Balai Pengelolaan Dearah Air Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) serta pembinaan oleh yayasan Eden Nusantara Hijau yang kembali melakukan penanaman mangrove seluas 25 Hektare di wilayah Desa Sei Pudak Kecamatan Kahayan Kuala.

"Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk pelestarian jangka panjang, dan saat ini sudah sampai tahap pembibitan serta akan berlanjut sampai dengan rehabilitasi mangrove nantinya,"tutupnya. ( M PRADILA KANDI/H)

Berita Terbaru