Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

H Sutransyah Dikenal Sebagai Sosok Pejuang Pembangun Pers Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 September 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Mantan Ketua PWI Kalteng H Sutransyah tutup usia di RS PKU Muhammadiyah Palangka Raya, Rabu malam, 6 September 2023.

H Sutransyah dinilai sebagai sosok pejuang dalam pembangunan kualitas pers di Kalteng. Melahirkan tokoh-tokoh pers yang berhasil, baik di dunia jurnalistik, lingkungan kampus, maupun sebagai abdi negara, dan politisi.

Karirnya sebagai wartawan diawali sebagai loper koran hingga menduduki jabatan Ketua PWI Kalteng selama 3 periode mulai 2000-2005, 2009-2014, 2014-2019.

Beliau merupakan pemegang Pers Card Number One (PCNO) yang dikeluarkan PWI Pusat pada peringatan Hari Pers Nasional di Surabaya, Jawa Timur, pada 2019.

"Kita kehilangan sosok panutan di bidang jurnalistik. Teladan yang banyak mempengaruhi perkembangan pers di Kalteng," ungkap Ketua PWI Kalteng M Harris Sadikin, Kamis, 7 September 2023.

Harris mengatakan, selama menjadi Ketua PWI, H Sutransyah banyak mencetuskan program berbasis pengembangan sumber daya wartawan.

“Beliau termasuk orang yang berjuang, sehingga terselenggaranya Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Kalteng. Tidak hanya di Kalteng, sosok beliau dikenal lingkungan pers hampir di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Kiprah beliau di PWI, jelas Harris, banyak membuat gebrakan dalam upaya membangun sumber daya wartawan. Tahun 2016, untuk pertama kalinya PWI Kalteng berhasil meraih juara 3 nasional dalam perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Bandung, Jawa Barat.

“Ketika itu, beliau langsung yang memimpin kontingen Kalteng, selaku Ketua PWI,” ungkapnya.

Harris menilai sosok H Sutransyah telah meletakkan dasar, dan pondasi yang kokoh untuk organisasi PWI Kalteng dengan berbagai perjuangan yang dilakukan.

Berita Terbaru