Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanaman di Lahan Terdampak Karhutla Minimalisir Dampak Negatif

  • Oleh Norhasanah
  • 06 Oktober 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, M Fakhmy Rizali mengatakan, kegiatan penanaman di lahan-lahan terdampak karhutla bertujuan untuk meminimalisir dampak-dampak negatif.

"Untuk kegiatan tiga bulan kedepan, karena dampak dari kebakaran ini kalau dibiarkan tidak memberikan manfaat secara ekonomi terhadap masyarakat, malah memberikan dampak kabut asap yang menyebabkan penyakit," kata M Fakhmy Rizali, Kamis, 5 September 2023.

Sehingga, nantinya diganti dengan memanfaatkan areal-areal bekas terbakar tersebut dengan kembali ditanami tanaman produktif.

"Maunya tanaman produktif ini seperti sayur mayur, pohon buah yang jelas ada nilai ekonomisnya. Namun kita belum dengar langsung arahannya dari bapak PJ bupati," tuturnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan program tersebut, tidak semua lahan bisa dikerjakan atau dimanfaatkan. Tetapi untuk meminimalisir dampak-dampak negatif yang ditimbulkan, akan dilaksanakannya kegiatan penanaman.

"Ini supaya menambah nilai dampak positifnya, bapak PJ berharap lahan-lahan bekas terbakar ini ditanami tanaman-tanaman yang memberikan manfaat," ujarnya.

Menurut Fakhmy Rizali, arahan tersebut sejalan dengan keinginan masyarakat, dimana masyarakat di Kelurahan Padang meminta bantuan bibit-bibit pohon untuk ditanam di daerah pertanian sambah yang terbakar. 

"Sehingga ini bisa menjadi bahan kami untuk mengajukan kegiatan dan dianggarkan," tukasnya. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru