Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kotim Soroti Titik Panas Tersebar di Wilayah Selatan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 18 Oktober 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyoroti titik panas yang tersebar di wilayah selatan.

"Teluk Sampit di trend September-Oktober luar biasa dan kita kalau minta visual dari Satgas udara saat water bombing, ada 3 Kecamatan yang paling bawah sangat banyak sekali titik," kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam, Rabu, 18 September 2023.

Dia mengatakan, 3 kecamatan tersebut ialah Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan, dan Teluk Sampit.

Kecamatan Pulau Hanaut titik api aktif banyak tersebar di daerah Satiruk. Jika dicapai dengan jalan kaki sekitar 7 sampai 8 kilometer.

"Titik apinya tidak ada yang kecil, cukup besar. Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit juga seperti itu," ujarnya.

Lanjutnya, pemadaman di wilayah Teluk Sampit sangat sulit karena tergantung dari pasang surut air. Pihaknya bersyukur jika kebakaran bertepatan saat air pasang, namun akan kesulitan mencari air untuk pemadaman jika sedang surut.

Dalam rapat evaluasi status tanggap darurat bencana karhutla beberapa waktu lalu, Multazam memaparkan titik panas selama bulan Oktober di Kotim sebanyak 2.674 titik panas. Data tersebut termasuk 3 Kecamatan yang menarik perhatiannya yakni Kecamatan Pulau Hanaut 326 titik panas, Mentaya Hilir Selatan 191 titik panas, dan Teluk Sampit ada 423 titik panas. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru