Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Kalteng Diminta Waspada Hama Ulat Grayak Menyerang Tanaman Jagung

  • Oleh Marini
  • 28 Oktober 2023 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Petani di Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) diminta waspada terhadap serangan hama ulat grayak pada tanaman jagung. 

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalteng Sunarti, ulat grayak merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman jagung. 

Ulat grayak umumnya menyerang pada malam hari, sedangkan pada siang hari ulat ini bersembunyi di bawah tanaman, atau dalam tanah. 

"Gejala tanaman terserang ulat grayak adalah daun rusak terkoyak, berlubang tidak beraturan, terdapat kotoran seperti serbuk gergaji dan pada serangan berat daun menjadi gundul," katanya, Jumat, 27 Oktober 2023.

Tindakan pencegahannya yakni dengan cara pengunaan benih dan varietas yang memiliki daya kecambah yang baik dan bebas dari penyakit. 

Kemudian, lakukan waktu penanaman yang tepat waktu dan hindari waktu penanaman yang tidak seragam pada satu lahan. Itu untuk menghindari ketersediaan tanaman ianang hama ini ini secara terus menerus.

"Tidak kalah penting kondisi tanah yang baik dengan penggunaan pupuk anorganik secara seimbang untuk mengurangi intesitas serangan hama ulat grayak ini. Dan lakukan sistem tumpang sari tanaman jagung dengan tanaman lain yang tidak disukai oleh hama ini," jelasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru