Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya Disdikbud Kobar Menangkal Kekerasan Hingga Narkoba di Tingkat Satuan Pendidikan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 November 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pendidikan karakter pada anak usia sekolah, dianggap penting sebagai upaya untuk menangkal kasus bully, perkelahian hingga narkoba yang terjadi di remaja usia belasan tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu, 15 November 2023 menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan penguatan pendidikan karakter tersebut di sekolah.

"Pendidikan karakter tersebut merupakan salah satu dari program yang diimplementasikan dalam kurikulum merdeka," jelas Jamri.

Karena itulah, menurut Jamri, agar bisa mengimplementasikan hal ini tentunya tidak bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari semua pihak dan bukan hanya oleh guru saat anak berada di sekolah.

"Pihak tersebut diantaranya adalah orang tua. Karena orang tualah yang bisa mengawasi perilaku anak usai mendapatkan pendidikan di sekolah," jelas Jamri.

Artinya, menurut Jamri, dengan adanya keterpaduan antara guru dan orang tua dalam melakukan pendidikan karakter pada anak usia sekolah ini harapannya, kasus pembullyan, perkelahian hingga narkoba bisa ditangkal dan diminimalisir.

"Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut saat ini kami sudah membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Tugas tim tersebut agar bisa melakukan respon cepat untuk melakukan penanganan bila terjadi kekerasan di satuan pendidikan," jelas Jamri. (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru