Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sensus Ekonomi Jadi Acuan Hadapi MEA

  • 25 April 2016 - 19:52 WIB

SENSUS Ekonomi merupakan merupakan amanat Undang-undang yang pelaksanaannya selaras dengan nawacita pemerintah di bidang peningkatan produktivitas dan daya saing di pasar internasional. Apalagi saat ini merupakan era menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga kegiatan tersebut menjadi momentum positik untuk menentukan langkah berikutnya.

'Sensus ini sarat manfaat positif. Apalagi dalam menyikapi era Masyarakat Ekonomi Asean yang memerlukan sikap cermat dan cerdas,' kata Asisten Pemkab Bartim Murjani dalam kegiatan Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di ruang rapat bupati, Senin (25/4/2016).

Menurutnya, data hasil sensus ekonomi 2016 menjadi sangat krusial dan strate'gis. Hal ini karena data itu berperan sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional, gambaran daya saing bisnis dan perencanaan investasi, serta menilik lebih jauh peran usaha mikro kecil menengah dan besar dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Hasil sensus ini akan mengalir ke berbagai pihak, baik pemerintah, swasta maupun akademis. Data itu bakal menjadi basis pembangunan di berbagai sektor. 

'Bagi pemerintah, hasil pendataan mampu menjadi bahan referensi untuk karakteristik usaha yang berpotensi berkembang, ataupun tingkat daya saing usaha masyarakat daerah,' timpalnya.

Dalam kesempatan itu, secara khusus Murjani menitip pesan kepada seluruh Satuan Kerja, pimpinan/ketua asosiasi maupun para pelaku usaha mendukung pelaksanaan pendataan yang berlangsung selama satu bulan kedepan tersebut. Hasil sosialisasi, diharapkan kembali ditularkan kepada umum, terutama para pelaku usaha. 

'Berikan edukasi mengenai manfaat dari pendataan yang dilakukan. Dukung kinerja petugas sensus melalui pemberian data sebenarnya,' pesannya. (Tbs/B-5)

Berita Terbaru